Taktik Sempurna untuk Meraih Kemenangan Bermain Capsa Susun

“Cara bermain Capsa Susun: Master tenor.” Ini adalah kursus kedua dalam seri DVD instruksional Joana Vasco de Lope yang luar biasa. Dalam DVD ini, Vasco de Lope memperkenalkan pemain pada prinsip dan konsep memainkan alat musik. Pelajaran pertama memperkenalkan konsep kunci musik treble, kunci musik bas, dan kunci musik oboe. Masing-masing memiliki kekhasan dan keterbatasannya sendiri dan mengetahui hal ini penting untuk memainkan semua jenis alat musik.

Kunci treble adalah nada bawah dari sebuah tangga nada, dan ini adalah nada yang dibuat pada piano. Ini adalah nada yang sangat penting karena membedakan nada G, C, D, A, E, dan seterusnya. Kemunculannya di keyboard menunjukkan bahwa pemain telah mempelajari cara menyetem instrumennya dengan benar. Meskipun ini tampak jelas, harus ditekankan bahwa not G, C, D, A, E, dan seterusnyalah yang membedakan berbagai tuts pada piano.

Clef bass, atau C tengah, adalah nada ketiga pada keyboard dan dapat dengan mudah disalahartikan sebagai nada kunci treble. Meskipun nada-nada ini tidak memiliki warna yang sama (putih, hitam, coklat), semuanya terkait. Itulah mengapa para pemain akan sering berpikir bahwa mereka telah mempelajari nada-nada kunci treble padahal sebenarnya belum. Ada empat nada per senar, dan masing-masing memiliki kunci relatifnya pada piano.

Pelajaran berikut mengajarkan para pemain konsep not per senar. Perbedaan antara kunci trebel dan kunci bas adalah jumlah notnya. Dengan kunci musik bas, ada dua puluh empat not (not yang membentuk ring instrumen), bukan hanya enam puluh dua standar. Karena itu, jari-jari memainkan lebih banyak nada treble daripada nada bas. Dalam hal ini, jumlah nada bas akan selalu lebih panjang daripada jumlah nada treble.

Capsa matahari hadir dalam bentuk rangkaian nada. Enam nada pertama kunci musik mewakili nada yang muncul pada enam senar pertama gitar. Enam nada kedua dari kunci musik digunakan untuk enam senar kedua pada gitar. Sisa senar, dimulai dengan nada keempat, mulai dari nada terendah ke nada tertinggi.

Tab untuk bagian solo khusus ini memainkan capsa setelah empat ketukan. Ketukan, atau pelek, dari bagian tab ini mewakili ketukan yang mengikuti capo. Saat Capsa dimainkan, bentuk gitarnya berubah, membuatnya lebih datar dan keras. Efek ini mirip dengan suara palu pada pick gitar.

Memainkan tab untuk lagu ini, “Capsa Susun” oleh Jose Maria, menampilkan efek perkusi yang dapat dicapai dengan memetik senar gitar di hadapan capo. Not yang muncul di tab hanya berisi dua kunci – satu untuk not bas, dan satu lagi untuk not treble. Dalam hal penjarian, Anda dapat menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk memetik dan memukul senar seolah-olah Anda mencoba menangkap melodi dari lagu tersebut. Namun, Anda tidak perlu menggunakan ibu jari untuk memetik senar. Sebaliknya, bereksperimenlah dengan jari-jari Anda dan lihat apa yang terasa alami bagi Anda.

Ada banyak variasi di tab untuk lagu ini, yang disebut trakea. Ini berisi dua baris, keduanya sejajar dengan yang dimainkan selama bagian capo. Kedua baris ini diulangi dengan oktaf yang berbeda. Untuk mempermudah, teruslah berlatih bermain capsa senoras – taktik jitu untuk meraih kemenangan dalam bermain capsa sun!